Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung

Kepala Dinas PMTSP Kabupaten Sijunjung

Benny Dwifa Yuswir, SSTP, MSIBenny Dwifa Yuswir, SSTP, M.SI

DATA POTENSI KABUPATEN SIJUNJUNG

Berita

Poster

Busila 400×267

BUPATI BERSILATURRAHIM DENGAN INSAN PERS

Guna menjalin kebersamaan yang kokoh, Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo bersilaturrahim dengan insan pers yang berpos  di Kabupaten Sijunjung, Selasa (14/2), di ruang rapat Kantor Bupati. Saat bersiturrahim itu, bupati didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Irwandi, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Febrizal Ansori, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ramler, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Khairal, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Syukri, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Em Yasri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rizal Efendi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Mashariyanto,  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Benny D. Yuswir, Kabag Humas dan Protokol, Henry Chaniago serta Kasi Humas, Azneldi

“Dalam kesempatan ini, atas nama pemerintah daearah dan masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers, karena selama ini setiap kegiatan yang dilakukan serta keberhasilan dan prestasi yang dicapai Pemkab Sijunjung selalu diberitakan dan disebarluaskan, sehingga masyarakat yang berdomisili di jorong pun dapat mengetahui kegiatan apa yang dilakukan serta keberhasilan dan prestasi dibidang apa yang dicapai,” kata Bupati Yuswir Arifin.

Diberitakan dan disebarluaskannya setiap kegiatan yang dilakukan serta keberhasilan dan prestasi yang dicapai Pemkab Sijunjung sampai ke jorong, satu  bukti bahwa kebersamaan insan pers dengan pemerintah daerah sudah terbangun dan terjalin erat. Dan kebersamaan ini perlu dilanjutkan dan diperkokoh secara terus menerus untuk Sijunjung yang lebih baik, ulas bupati.

Selain tentang kebersamaan, dalam silaturrahim itu Yuswir Arfin juga menceritakan berbagai kegiatan dan  pembangunan yang sudah dimulai sejak dia menjabat bupati periode pertama (2005-2010) hingga sekarang. Satu diantaranya mengubah status kawasan hutan menjadi Areal Penggunaan Lain (APL)

Menurut bupati, pada tahun 2010, dari 313.080 hektare luas wilayah Kabupaten Sijunjung, 65,2 persen (204.018 Ha) merupakan kawasan hutan. APL hanya 34,8 persen (109.062 Ha).

Kawasan hutan yang sangat luas ini, merupakan salah satu penyebab sulitnya membangun Kabupaten Sijunjung selama ini. Karena bila Pemda ingin mengelola dan memanfaatkan potensi yang ada, atau ingin membangun jalan pada kawasan  itu, harus minta izin dulu kepada Menteri Kehutanan.

Jika izin tidak ada, potensi tidak boleh dikelola dan dimanfaatkan, jalan tidak boleh dibangun. Bila potensi dikelola dan dimanfaatkan atau bila jalan dibangun juga, bupati pindah tidur dari rumah dinas ke lembaga pemasyarakatan.

“Supaya potensi yang ada bisa  dikelola dan dimanfaatkan untuk kemajuan pembangunan yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, saya bersama kepala Dinas Kehutanan, bolak balik ke Kementerian Kehutanan menyampaikan permohonan agar status kawasan hutan dirubah menjadi APL.

Alhamdulillah, berkat perjuangan bersama yang diiring dengan doa oleh masyarakat, dari 204.018 hektare luas kawasan hutan di Kabupaten Sijunjung, 28.078 Ha sudah menjadi APL, sehingga potensi yang ada di areal seluas 28.078 Ha itu, sudah bisa dikelola dan dimanfaatkan dengan cara mendatangkan investor.

Kini, sebagian dari APL seluas 28.078 Ha yang semula merupakan kawasan hutan, tengah dilakukan berbagai kegiatan oleh investor. Diantaranya 22 ribu Ha untuk kebun kelapa sawit, 5 Ha untuk pembangunan pabrik pupuk Dolomik, 17  Ha untuk pengolahan Bio Disel dan 37 Ha untuk pabrik pengolahan CPO. Disamping itu juga tengah dilakukan  pemboran minyak dan gas serta pemboran gas metan, jelas Bupati Yuswir Arifin.

Sumber : sijunjung.go.id

%d blogger menyukai ini: