DPMPTSP Sijunjung

WABUP CANANGKAN TANAM PADI SERENTAK

0 17

Wakil Bupati (Wabup) Sijunjung H. Arrival Boy bersama Dandim 0310/SSD Letkol Inf. Irvan Yusri serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Setdakab, Hasmizon, mencanangkan penanaman padi serentak pada sawah kelompok tani Taruko Nagari Tanjung, Kecamatan Koto VII, Selasa (14/2).

Disamping Wabup, Dandim dan staf ahli, acara pencanangan penanaman padi serentak itu juga dihadiri pejabat dari Korem, pejabat Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, pejabat BPTP Sumbar, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sijunjung, Muspika Koto VII, Danramil se-Kabupaten Sijunjung, pegawai dan penyuluh Dinas Pertanian, walinagari, tokoh dan pemuka masyarakat Tanjung serta pengurus dan anggota kelompok petani Taruko.

Kepada pengurus dan anggota kelompok petani Taruko khususnya serta terhadap masyarakat petani Kabupaten Sijunjung pada umumnya, Wabup Arrival Boy berharap dan berpesan supaya menggarap dan mengola sawah dengan serius dan sungguh-sungguh, supaya hasilnya meningkat dari tahun ke tahun.

Disamping menggarap dan mengola sawah dengan serius dan sungguh-sungguh, Wabup juga berharap dan berpesan agar masyarakat petani mensyukuri setiap hasil panen yang diperoleh.

Namun mensyukuri  hasil panen, tidak cukup hanya dengan berdoa, makan bersama dan mengucapkan terima kasih, tapi harus diiringi dengan pembayaran zakat bila hitungan padi sudah sampai.

Sebagainama Firman Allah SWT dalam Al Quran, “Waiz taazzana rabbukum lain syakartum laazidannakum walain kafartum inna ‘azabi lasyadid. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

“Oleh karena itu, syukurilah setiap nikmat yang diterima, baik itu nikmat umur, kesehatan dan kesempatan maupun nikmat rezki. Tunaikan kewajiban sesuai perintah Allah dan bayar zakat bila hitungan padi sudah sampai, supaya kita tidak termasuk orang yang ingkar dan tidak menerima azab seperti yang dijanjikan Allah SWT,” pesan Wabup Arrival Boy kepada para petani.

Dandim Irvan Yusri mengatakan, dukungan dari TNI AD diperoleh petani setelah ditandatanganinya MoU antara Menteri Pertanian dengan Kepala Staf Angkatan Darat, bahwa seluruh  Babinsa akan membantu petani agar program swasembada pangan dapat terwujud pada tahun 2017 ini.

Dukungan dari jajaran TNI telah diwujudkan sejak persiapan pertanaman sampai pengawalan benih dan pupuk. Seiring dengan itu, pelatihan singkat dilakukan terhadap para Babinsa oleh penyuluh dan peneliti dari Dinas Pertanian dan Balitbangtan untuk memudahkan operasional di lapangan.

“Karena itu kita berharap penanaman padi serentak ini terlaksanakan dengan baik sebagaimana mestinya, supaya hasil panen yang tujuan utamanya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan petani meningkat dari tahun sebelumnya,” harap Dandim.

Comments
Loading...